20 Februari 2009

Cermati penyakit Flu Lambung...

Flu Lambung Menular Lewat Keyboard dan Mouse Komputer

Norovirus yang menjadi biang penyakit flu lambung (stomach flu) terbukti dapat menular melalui alat-alat yang digunakan bersama oleh banyak orang seperti keyboard dan mouse komputer.

Sebuah laporan yang dirilis oleh CDC's Morbidity and Mortality Weekly, AS pada 4 Januari 2008 menyebutkan bahwa wabah norovirus yang menyerang sebuah SD di Washington DC ternyata ditularkan melalui perlengkapan komputer yang terkontaminasi. Dalam serangan wabah tersebut, dari 314 siswa dan 66 staf sekolah tersebut, 103 terkena infeksi norovirus (79 siswa dan 24 staf).

Untuk menemukan sumber penularan, dilakukan pemeriksaan sampel yang diambil dari berbagai tempat yang dicurigai di sekitar sekolah. Ternyata, sampel yang diambil dari keyboard dan mouse komputer di salah satu ruang sekolah tersebut positif virus norovirus.

Norovirus dilaporkan pertama kali mewabah di Norwalk, Ohio, tahun 1968. Oleh karena itu, sebelumnya virus ini dinamakan "Norwalk Virus". Diperkirakan sekitar 23 juta kasus flu lambung akibat norovirus terjadi setiap tahun di Amerika Serikat. Sedangkan, angka kejadian flu lambung akibat norovirus di Indonesia tidak diketahui.

Penderita yang terkena flu lambung akan mengalami gejala mual, muntah, diare atau kram dan nyeri perut. Gejala lain yang mungkin timbul adalah badan meriang, sakit kepala, nyeri otot, dan rasa kelelahan di seluruh badan.

Penderita flu lambung seringkali terlihat sangat sakit, disertai dengan muntah dan diare hebat. Pada penderita yang tidak bisa minum, dapat terjadi dehidrasi. Untuk mengatasinya diperlukan infus cairan dalam jumlah yang cukup.

Untungnya, walaupun gejala yang diderita cukup berat, penyakit ini akan sembuh sendiri dan gejala biasanya membaik setelah satu atau dua hari.

Langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari flu lambung adalah :
Mencuci tangan, terutama setelah dari kamar kecil, mengganti popok, sebelum makan, atau saat menyiapkan makanan. Mencuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi dan memasak tiram sampai matang. Membersihkan dan mendesinfeksi peralatan atau benda-benda yang diperkirakan terkontaminasi norovirus. Segera melepaskan pakaian dan mencucinya dengan air hangat dan sabun jika benda tersebut diperkirakan terkontaminasi norovirus. Bersihkan lantai atau kamar kecil dari muntahan atau tinja penderita flu lambung. Jika perlu gunakan larutan desinfektan.

Demikian, semoga bermanfaat.



Referensi :

Reinberg S (2008) : Stomach Flu Spread By Contaminated Computer Keyboards.
MedicineNet, Inc. [5 Jan 08]MayoClinic (2007) : Norovirus Infection. [5 Jan
08].Centers for Disease Control and Prevention (2006) : Norovirus: Q&A. [5 Jan
08].Sullivan R (2006) : Norovirus and Cruise Ships: An abbreviated history.
Claris Law. [5 Jan 08].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar