06 November 2008

Rahasia Pembalut Wanita

Mengapa Wanita mudah terjangkit penyakit infeksi Jamur dan Bakteri selama Mestruasi ?


Hal ini disebabkan kurang lebih 107 bakteri per milimeter persegi ditemukan pada pembalut wanita biasa. Kondisi inilah yang menyebabkan pembalut biasa menjadi sarang perkembangan-biakan bakteri merugikan, walau hanya setelah 2 jam pemakaian.


Kesalahan yang kerap dilakukan saat pemakaian Pembalut Wanita :

  1. Membuka dan memasang pembalut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.
  2. Menyimpan pembalut di tempat lembab, seperti di kamar mandi.
  3. Menggunakan pembalut yang sudah kadaluwarsa.
  4. Pemilihan pembalut tanpa memperhatikan kualitas pembalut.
  5. Pemakaian pembalut terlalu lama tanpa pengganti.




Tahukah Anda ?
  • Menurut Yayasan Kanker Indonesia, saat ini penyakit kanker rahim mengakibatkan korban meninggal sedikitnya 200.000 wanita per tahun.
  • Kemungkinan wanita dewasa terjangkit infeksi vagina adalah 83 %.
  • 62 % dari statistik tersebut disebabkan oleh pemakaian pembalut yang kurang berkualitas.
  • Rata-rata wanita memerlukan sedikitnya 3-6 hari sebulan untuk perawatan terhadap infeksi vagina.
  • Jika seorang wanita mulai terjangkit infeksi vagina sejak usia 20 tahun, maka sedikitnya 6 tahun hidupnya akan menghabiskan hanya untuk pengobatan dan perawatan.






Apa sajakah Resiko Kesehatan yang dapat timbul dari Pemakaian Pembalut Biasa ?


Pembalut wanita termasuk klasifikasi Prod uk Konsumen Cepat Saji, produk sekali pakai. karena itulah para produsen kerap mendaur ulang bahan kertas bekas dan menjadikannya bahan dasar untuk menghemat biaya produksi.

Dalam proses mendaur ulang, banyak bahan kimia dipakai untuk proses pemutihan kembali bleaching), pembuangan bau dan proses sterilisasi kuman pada kertas bekas. Bahan penyerap yang digunakan pada pembalut wanita biasa inilah yang mengandung bahan kimia terlalu berlebihan yang pada akhirnya merupakan penyebab terjadinya gangguan terhadap organ reproduksi wanita.

Kertas hasil daur ulang yang m enggunakan bahan kimia ini kemudian di bungkus serapi mungkin yang kemudian dijadikan pembalut seperti pada umumnya yang dipakai oleh para konsumen (wanita). Pernahkah Anda berfikir untuk merobek salah satu pembalut Anda dan mengkaji apa sebenarnya bahan yang terkandung di dalamnya ?

The Tampon Safety and Research Act of 1999, H.R. 890 USA, 1999 ( Konres tentang Penelitian dan Keamanan Tampon di Amerika Serikat pada tahun 1999 ), menyatakan bahwa :

  • Zat Dioksin dan Serat Sintesis yang terkandung dalam pembalut wanita pada produk sejenis; beresiko tinggi terhadap kesehatan wanita, termasuk resiko terhadap: kanker serviks, endometriosis, kanker ovarium, kanker payudara, penurunan sistem kekebalan tubuh, radang pelviks, syndroma shock keracunan, dan lain-lain.



BAHAM KIMIA




KERTAS BEKAS





PEMUTIHAN (BLEACHING)






Bagaimanakah Zat Dioksin bisa meresap ke dalam Rahim anda ?

Bila darah haid jatuh ke permukaan pembalut, zat dioksin akan dilepaskan melalui proses penguapan. Pertama akan mengenai permukaan Vagina / Vulva, kemudian diserap ke dalam rahim melalui saluran serviks, lalu masuk ke uterus, melewati tuba fallopi dan berakhit di ovarium.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar