11 November 2008

Informasi Tanda Kehamilan


Tanda-tanda umum Kehamilan

Apa bila anda ingin merencanakan kehamilan dan anda tidak mengalami terjadinya sirklus haid, kemungkinan besar anda hamil. Ciri umum kehamilan pada awalnya adalah tidak adanya gejala proses sirklus haid dan meningkatnya aktivitas hormonal pada tubuh anda.

Pada awal masa kehamilan anda, maka dapat dipastikan akan mengalami salah satu atau lebih gejala-gejala fisik yang umumnya adalah sebagai berikut :


  1. Tidak mengalami sirklus haid (amennorhoea). Tapi hal ini bukan suatu acuan umum sebagai tanda kehamilan. Tidak mengalami haid bisa saja diakibatkan diantaranya karena adanya penyakit fisik yang berat.
  2. Timbulnya rasa mual (morning sickness) tanpa waktu yang dapat diperkirakan. Kadang kala rasa mual itu datang pada pagi hari, siang hari, bahkan malam hari. Umumnya rasa mual itu terjadi pada pagi hari.
  3. Perubahan dan kepekaan pada indera perasa anda, anda mungkin yang sebelumnya menyukai wangi atau bau aroma jeruk tiba-tiba akan merasa aroma itu mengganggu aktivitas anda, bahkan bisa memacu rasa mual. Menyukai suatu rasa pada makanan tertentu, kadang kala membuat anda merasa ketagihan, umumnya dikenal dengan istilah "ngidam".
  4. Perubahan bentuk dan ukuran pada payudara, payudara anda bisa terasa lebih peka, sensitif dan bahkan bisa terasa lembut apa bila disentuh.
  5. Seringnya anda mengeluarkan urine atau buang air kecil (mikturisi) padahal pada hari itu konsumsi minum anda tidak berlebih.
  6. Anda mudah merasa lesu pada saat melakukan aktivitas, umumnya rasa lesu itu datang di waktu pagi dan siang, pada sebagian wanita bisa menimbulkan perasan pening.
  7. Vagina anda mengeluarkan suatu cairan yang lebih banyak dari biasanya.
  8. Anda kadang kala tidak bisa mengontrol emosional. Perubahan emosional kadang kala timbul dan tidak dapat diduga, sewaktu-waktu rasa emosional anda datang tiba-tiba.



Masa Kehamilan


Kehamilan pada umumnya berlangsung selama 266 hari sejak telur dibuahi oleh sperma. Namun, untuk memperkirakan usia kehamilan anda, dapat dihitung dari hari pertama pada sirklus haid anda yang terakhir pada bulan tersebut, istilahnya HTA. Sebagai contoh, pada bulan Januari anda mengalami Sirklus haid yang pertama kali pada tanggal 10 Januari, maka tanggal inilah sebagai awal acuan perhitungan masa kehamilan anda, bukan dihitung dari hari kapan telur dibuahi oleh sperma.

Apabila sirklus haid anda rata-rata berlangsung selama 28 hari, maka pembuahan dihitung sekitar hari ke-14 dan bukan hari ke-1 kehamilan anda. Kenapa demikian ? Hal ini karena ovulasi biasanya terjadi 14 hari sebelum anda mengalami haid lagi.

Dengan penjelasan diatas, maka periode kehamilan adalah sebagai berikut : 266 + 14 hari atau berkisar selama 40 Minggu. Akan tetapi perhitungan ini hanya sebagai pedoman. Rata-rata masa kehamilan itu berlangsung selama antara 38 s/d 42 minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar